8 Tempat Wisata di Lampung 2022 Cocok Untuk Healing

tempat wisata di lampung

Tempat wisata di Lampung menawarkan keunikan dan keindahan tersendiri dibandingkan destinasi lainnya. Pasalnya, hampir semua jenis wisata tersedia di Lampung, bahkan beberapa diantaranya mendapat predikat wisata Internasional.

Hingga saat ini, wisata Lampung terus bermunculan, seperti wisata alam, wisata pantai, wisata kuliner, wisata budaya dan masih banyak lagi. Juga semakin ditingkatkan akses jalan dan fasilitasnya.

Nah bagi yang sedang bepergian di Lampung, jangan sampai melewatkan tempat wisata hits berikut ini.

Pantai Marina

Pantai marina adalah pantai yang terkenal dengan pemadangan gua dan tebing serta bebatuan yang berukuran besar. Selain itu di pantai ini Anda juga bisa menikmati deburan ombak yang cukup besar, bahkan Anda bisa mendengar suaranya, meski berjarak cukup jauh dari pantai ini.

Fasilitas pantai cukup lengkap, seperti saung, mushola, toilet bersih dan tempat makan. Harga tiket masuk Pantai Marina adalah Rp 20ribu per orang dan parkir Rp 10 ribu. Lokasinya ada di Kalianda Lampung Selatan. Jika Anda dari Pulau Jawa, maka tidak jauh dari pelabuhan Bakauheni.

Pantai Marina cocok dkunjungi bersama pasangan, ada banyak spot cakep untuk foto-foto. Makanya nggak heran kalau saat-saat tertentu, banyak calon pengantin yang foto prewed di pantai ini. 

Jenis pasir di Pantai Marina sangat bersih, karang-karangnya juga estetik. Jadi nggak akan mengecewakan deh.

https://goo.gl/maps/rYgCjYMbhoWq9xjJ6

Baca juga : Tempat Nongkrong di Bandar Lampung

Air Terjun Way Kalam

Air terjun Way Kalam merupakan tempat wisata alam yang masih jarang yang tahu. Padahal tempatnya sangat ekstois, dengan ketinggian air terjun yang mencapai 10-15 meter, membuat pemandangan yang menyejukkan.

Harga tiket masuk Air Terjun Way Kalam dipatok sebesar Rp 5 ribuan saja, sedangkan parkir mobil Rp 15 ribu dan motor Rp 2 ribu.

Untuk bisa sampai lokasi, Anda akan menempuh jarak sekitar 500 meter dari gerbang utama dan harus menyusuri tangga sampai bawah. Di hari-hari tertentu, Air Terjun Way Kalam bisa mencapai 90an orang.

Ohya, meski lingkungannya sangat sejuk dan mengasikkan, namun tempat ini tidak direkomendasikan untuk orang (terlalu) tua, karena bisa trek jalan yang cukup sulit. Lain halnya dengan kaum muda yang suka tantangan, tentu sangat menyukainya.

Alamat : https://goo.gl/maps/8Kk2vKTLYSVHTrdt9

Pantai Walur

Pantai Walur merupakan pantai yang memiliki garis pantai panjang, pasir yang bersih dan pemandangan laut biru menakjubkan. Lokasi Pantai Walur adalah di Lampung Barat, atau sekitar 4-5 jam dari pusat kota Bandar Lampung.

Jika Anda sedang mencari tempat camping yang asik, jangan ragu untuk ke pantai ini. Suasananya adem, meski di pinggir laut, karena masih banyak pohon kelapa dan pohon besar rimbun lainnya.

Pantai ini juga bisa untuk berenang, karena tidak banyak batu karang, dan punya ombak yang sedang, sehingga pas untuk ajak keluarga dan anak-anak.

Anda bisa mengunjungi Pantai Walur baik di pagi atau sore hari untuk menikmati sanset. Belakangan wisata ini makin terkenal, sehingga banyak wisatawan luar daerah yang berkungjung. Namun jika pada hari-hari tertentu, pantai ini serasa pantai pribadi, karena masih sepi.

Harga tiket Pantai Walur adalah Rp 5 ribu per orang dan parkir Rp 2 ribu untuk sepeda motor.

Alamat : https://goo.gl/maps/UNyvJi1bEsRxkMMz9

Baca juga : Paket Wisata di Lampung

Pulau Pisang

Bagi yang pertama kali dengan Pulau Pisang Lampung, jangan beranggapan kalau pulau ini penghasil pisang ya. Pulau Pisang adalah kecamatan di Pesisir Barat yang populer akan keindahan pemandangan pantainya.

Sekali datang ke pulau ini, dijamin bakal rindu buat berkunjung lagi. Bagaimanat idak, pesona Pulau Pisang benar-benar sulit untuk dilupakan.

Anda ngga hanya bisa bermain di pantai saja, melainkan bisa menginap di homestay di bibir pantainya. Kebayang kan bagaimana serunya suasana saat Anda menginap disini.

Untuk mencapai pulau ini, Anda harus menyebrang dari Dermaga Tebakak lalu menempuh perjalanan sekitar 30-60 menit.

Harga tiket Pulau Pisang adalah Rp 15 ribu per orang untuk penyebrangan kapal. Namun Anda juga bisa menyewa kapal sendiri seharga Rp 500 – Rp 700 ribuan. Sedangkan untuk penginapannya, Anda cukup merogoh kocek sebesar Rp 150 – Rp 200 ribuan saja.

Di Pulau Pisang, Anda bisa melakukan banyak aktivitas seperti snorkeliing, foto-foto, berenang, melompat dari dermaga, memancing hingga surfing.

Alamat : https://goo.gl/maps/7CkoKJy5YJevz8zW8

Air Terjun Semantung

Air Terjun Semantung merupakan tempat wisata air terjun yang sangat eksotis. Lokasinya ada di Pagar Dewa Lampung Barat dan masih areal hutan. Ketinggian air terjun ini sekitar 30-40 meter.

Dengan ketinggian tersebut, tentu air yang jatuh sangat deras, jadi tidak disarankan untuk berada tepat dibawahnya.

Namun Anda bisa menikmati pesona air terjun Semantung ini dari kejauhan sambil merasakan embun air yang sangat sejuk. Anda juga bisa berenang di bagian danau atau sungainya.

Nnggak jauh dari lokasi, terdapat tempat foto dari ketinggian, yang bisa terlihat seluruh pemandangan air terjun. Tidak perlu edit-edit foto, dijamin hasil gambar sangat keren.

Tempat ini tergolong sepi, sehingga Anda bisa datang kapan saja, dengan membayar tiket parkir sebesar Rp 5 ribu. Dari lokasi parkir sampai air terjun, Anda akan menempuh perjalanan selama 10 menit saja.

Buruan deh, yang mau datang silahkan kuncjungi alamat ini https://goo.gl/maps/sA4iwzpLErjqzpae7.

Baca juga : Travel Lampung Palembang

Pulau Mahitam

Tidak seperti namanya, Pulau Mahitam atau Maitem justru memiliki jenis pasir putih nan bersih. Pulau Mahitam adalah pulau kecil yang berada di tengah laut dekat Pantai Ketapang.

Yang unik dari Pulau Mahitam adalah terdapat  daratan yang membentuk jalan, yang akan terlihat ketika laut sedang surut dan tenggelam ketika pasang. Sehingga terlihat seperti Anda sedang menuju pulau pribadi dan menemukan pulau yang tenggelam.

Karena lokasinya ada di tengah laut, Anda bisa datang menggunakan kapal. Harga kapal ke Pantai Mahitam adalah Rp 200 ribu – Rp 400 ribuan untuk penumpang 5- 10 orang, tergantung kapasitas kapal.  

Di Pulau Mahitam, Anda bisa bersantai di kafe-kafe, snorkerling dan bermain kayak untuk berkeliling. Rasakan sensasi pulau pribadi di Mahitam.

Pantai Teluk Hantu

Entah apa yang melatar belakangi nama Pantai Teluk Hantu Lampung yang terkesan menyeramkan ini. Padahal bisa Anda lihat pada foto-foto Pantai Teluk Hantu di internet, bisa dirasakan keindahan pantai dan pemandangan lautnya.

Pantai Teluk Hantu banyak dikunjungi wisatawan, karena jaraknya cukup dekat dengan kota Bandar Lampung dan masih sangat alami. Sehingga nggak heran, tempat wisata ini sering dipakai untuk kegiatan berkemah atau camping.

Pasalnya, Anda nggak hanya akan menikmati pemandangan ekstois, melainkan bisa memancing untuk perbekalan. Banyak jenis ikan di pantai ini, seperti kerapu, kakkap dan simba.

Harga tiket masuk Pantai Teluk Hantu adalah Rp 25 ribu. Bagi pengunjung, disarankan untuk membawa mobil yang punya ground clear tinggi atau motor dengan kendaraan yang sehat juga membawa perbekalan yang cukup.

Pantai Alau Alau

Pantai Alau Alau saat ini sedang hits di Lampung, pasalnya pantai ini seperti di lukisan=lukisan pemandangan. Ada gunung, laut, pesisir pantai dan pohon besar yang sekaligus jadi ikonik pantai Alau Alau.

Pantai Alau selain jadi wisata akhir pekan, juga biasa dikunjungi untuk liburan panjang. Karena disini tersedia rumah panggung sebagai villa di pinggir pantai. Maka banyak kantor swasta maupun pemerintah yang menggunakan Pantai Alau sebagai tempat meeting sekaligus rekreasi.

Bagi yang sedang cari private beach di Lampung, wajib banget dateng ke sini. Pelayanan penginapan dianggap ramah, harganya terangkau dan makanannya enak.

Harga tiket masuk Pantai Alau adalah Rp 40 ribuan saja. Sedangkan untuk sewa resort di Alau-Alau bermacam macam seseuai fasilitasnya.